Friday, January 23, 2015

Istilah Lain Dalam 48 Family

Istilah Lain Dalam 48 Family
Pada Istilah Lain Dalam 48 Family atau sister grub dari JKT48 juga terdapat istilah-istilah dalam menamai suatu attribut yang dibuat oleh management atau juga para fans itu sendiri. Sehingga muncul beberapa istilah yang mungkin belum diketahui oleh kalian yang hobi dengan dunia peridolan.
Berikut adalah istilah-istilah nama yang sudah tak asing lagi dibicarakan dalam dunia peridolan:

Golden Rules: Sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh para member. Peraturan-peraturan tersebut diantaranya: 1. Dilarang Pacaran 2. Dilarang berfoto dengan Fans 3. Dilarang memention fans di Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, G+, dsb) 4. Dilarang ke Diskotik dan mabuk-mabukan atau merokok 5. Dilarang memakai pakaian yang mencolok (Namun disesuaikan tergantung zaman) 6. Dilarang memakai Make Up yang tebal 7. Dilarang memberi tanda tangan ke Fans (Kecuali untuk Merchandise yang akan dijual di Event tertentu) 8. Jika berpergian harus diawasi atau dikawal oleh wali/orang tua/pembimbing. 9. Harus mengutamakan Pendidikan dan sebagainya.

Renai Kinshi: Renai Kinshi adalah salah satu Golden Rules dalam dunia Idol Grup Jepang, dan termasuk yang paling keras untuk ditaati. Bahkan hanya sebuah foto dengan seorang pria, apapun status pria tersebut, bisa membuat karir seorang idol itu tamat seketika akibat kecaman para Wota Garis Keras yang ingin idola mereka menjaga image pure dan innocent mereka.

Bunshun/Skandal: Bunshun/Skandal merupakan sisi gelap dari seorang member yang terbongkar di kalangan fans/media yang dinilai telah melanggar dari sistem Golden Rules yang telah dibuat oleh pihak manajemen 48 family. Bunshun ini sebenarnya diambil dari sebuah majalah Jepang Shukan Bunshun yang memuat berita tentang skandal artis di peridolan Jepang.

Graduated: Member yang sudah dinyatakan lulus atau keluar dari member 48 family dengan alasan sudah pantas berkarir di luar 48 family. Seperti halnya kita sekolah, dengan nilai bagus saat ujian kita dinyatakan lulus dan pantas menuju jenjang yang lebih tinggi diluar sana. Contoh member: Stella, Ochi, Cleopatra, Cigul, Noela dll yang masih eksis di media. Pembahasan graduated lainnya dan Members yang sudah graduated bisa kalian lihat di Daftar Member JKT48 Yang Sudah Graduated & Resign

Resign: Member yang menyatakan keluar dan dinyatakan putus hubungan kontrak dengan pihak 48 family baik seara masalah bunshun atau karena tidak sanggup membagi waktu / tidak kuat dengan kepelatihan di JKT48/48 family atau ingin fokus meneruskan sekolahnya. Contoh member akhir-akhir ini resign: Milenia & Kezia serta member lain nya yang keluar dan tidak terlihat lagi di media.

Overture: Overture dalam terjemahan nya dalam segi musik adalah musik pengantar dan musik pembukaan. Di sini overture yang kita bahas adalah overture sebagai musik pembukaan yang selalu kita dengar sebelum stage 48 dimulai. Biasanya sebelum overture ini diawali kageana dari member yang menandakan sambutan dari salah satu member bahwa pertunjukan akan segera di mulai. Kalian penasaran siapa yang menyanyikan/mengumandangkan overture tersebut? Kalian bisa baca di sini Overture JKT48, 48 Family Stage dan Siapa Yang Mengumandangkannya?

Stage Song: Lagu yang terdapat di stage masing-masing tim, biasanya sering disebut setlist.

Unit Song:  Lagu stage yang dinyanyikan oleh formasi member tertentu ( bukan seluruh anggota tim ), biasanya terdiri dari 1 member populer didampingi oleh 2 sampai 4 member lainnya, dan letaknya beruntun 4 sampai 5 lagu ditengah setlist stage.

Unit Shuffle: Biasanya hanya dilakukan di konser-konser besar, dimana unit song yang identik dengan susunan member tertentu diacak dan diganti formasinya dengan member lain untuk elemen kejutan.

Reshuffle Team: Pengacakan susunan member pada team tertentu. Biasanya untuk menstabilkan team 1 dengan team lainnya agar seimbang popularitasnya dengan memasukkan member terpenting serta pergantian kapten dll tergantung kebijakan.

Grand Reshuffle: Pengacakan member berdasarkan generasinya yang teamnya tak menentu pada sister grub 48 family.

Senshuraku: Berakhirnya suatu setlist lagu, biasanya pada senshuraku akan dibuat dokumentary berupa DVD dari setlist tersebut.

Theater/Teater: Tempat show dan berlatih para member secara khusus untuk menunjukkan dedikasi mereka selalu aktif dan maju bersama fans. Di teater ini terdapat event" kejutan dari pihak official yang membuat pertunjukan menjadi menarik untuk ditonton.

Waiting Stage: Setlist atau stage yang dibawakan team sebelum mereka membawakan setlist original pada team mereka. Waiting stage ini biasanya lagu lama yang ditujukan untuk shonichi mereka dan perkenalan mereka sebelum ke tahap setlist original yang dikhususkan untuk team mereka.

WL: "Waiting List" atau membeli tiket secara menunggu mengantre dengan tidak mengirim email atau kalah dalam undian tiket.

Bingo: Melakukan sesi pengacakan urutan tiket untuk memasuki ruang teater. Jadi dalam memasuiki teater ada peraturan nya dan tidak sembarangan masuk walaupun sudah mendapatkan tiket. Sesi bingo dibedakan untuk kategori fans far yang ingin mengunjungi/menonton theater

Handshake Event: Event jabat tangan dalam hal memperdekatkan member dengan fans yang diberikan waktu hanya 10 detik.

Fan Service: Layanan untuk fans. Fans yg beruntung bisa mendapat 2 shot (foto berdua dengan salah satu member), 3 shot, jadi manajer teater seharian, nge-date bareng oshi, dll.

Jikoshoukai: Jikoshoukai artinya adalah perkenalan diri, berhubung arti ini dikaitkan dengan peridolan maka ini dapat diartikan dengan perkenalan dari masing-masing member. Tentunya memiliki sebuah line khusus untuk introduksi bukanlah sebuah keharusan, tapi jika seorang member mempunyai Jikoshoukai ciri khas mereka masing-masing, maka akan memberi nilai lebih dimata para fans dan tentunya akan menjadi ciri khas dari member tersebut.

Seitansai: Ulang tahun atau seitansai (生誕祭) dilakukan bila pertunjukan hari itu bertepatan atau berdekatan dengan hari ulang tahun member yang tampil.

Sub Unit: Sub unit merupakan grub unit cadangan yang dibuat untuk keperluan event atau pembentukan nya melalui member idol grub dari sister 48 family. Banyak sub unit yang sudah dibentuk oleh AKB48 atau sister 48 family, contohnya Team Surprise, Watarirouka Hashiritai 7, AKBIdoling!!!, Angel, BABY GAMBA, NO NAME, YM7, YJ7, Okashina Sisters, Ojarumaru Sisters, Team BS, Team KISHIN from AKB48, Sukeban Girls, Team Dragon from AKB48, Honegumi from AKB48, ICE from AKB48, Crayon Friends from AKB48, Mini Skirt, Porrima from AKB48, Queen & Elizabeth, Natto, Natto Angels Z, Team Z dan yang terakhir mimin tau sub unit yang baru dibentuk oleh Haruka Nakagawa pada konser 3rd Aniiversary JKT48 yaitu 4 Gulali yang beranggotakan 4 members JKT48: Haruka, Sinka, Angel, dan Grace yang merupakan sub unit pertama JKT48. Di bawah ini beberapa contoh pembahasan 2 sub unit Team Surprise & Watarirouka Hashiritai 7 yang mungkin namanya sudah tak asing lagi di kalangan FJKT48...

Team Surprise: Team Surprise merupakan team One-shot unit dimana anggotanya dipilih (senbatsu). Sub unit grup ini dibentuk sebelumnya untuk kampanye game Arkade, Pachinko (Game judi). Unit ini juga memiliki anggota dari SKE48 dan HKT48. Tim Surprise merilis single mereka secara fisik (nyata) dan digital. Jadi video klip yang kita lihat itu sama dengan show nyata mereka. Berbicara team surprise di AKb48, kini AKB48 Team Surprise kembali hadir dengan tampilan yang baru. Bergabungnya beberapa member baru dari sister grup AKB48 lainnya. Kini Team Surprise berubah nama menjadi AKB48 Team Surprise 2nd Stage.

Watarirouka Hashiritai 7: Warota 7 atau Watarirouka Hashiritai 7 merupakan sub unit grub dari grup idola Jepang AKB48. Semua anggota dari Watarirouka Hashiritai 7 diambil dari Team B AKB48 dengan formasi yang lama yang sebelum nya bernama Watarirouka Hashiritai yang membentuk Okashina Sisters, unit masa terbatas yang beranggotakan Aika Ota, Haruka Nakagawa, dan Mayu Watanabe.

Kami 7: Kami yang artinya "Dewa" dan 7 adalah jumlah/angka. Istilah ini diciptakan para fans karena ada beberapa member yang memang ranking popularitasnya tidak pernah tergoyahkan sejak di AKB48. Ketujuh orang itu adalah Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna, dan Takahashi Minami. Namun dalam Sousenkyoo terakhir muncul sebuah nama baru yang tiba-tiba merubah tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak saat itu istilah Kami7 oleh beberapa kalangan mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8. Akankah Sashihara Rino, Matsui Jurina atau Matsui Rena sebentar lagi mengubahnya menjadi Kami9 ?? Biarlah waktu yang memberikan jawabannya....

Senbatsu: Artinya adalah pilihan / seleksi. Dalam sebuah grub idol yang notaben nya mempunyai banyak member/anggota,  maka perlu di seleksi untuk barisan inti teratas dalam sebuah penampilan apapun yang menurut management dan bisa juga secara voting melalui fans(sousenkyo) dipilih yang terbaik dari sekian banyak members yang ada dengan jumlah suara dalam menentukan nya. Mereka inilah yang disebut sebagai team Senbatsu. Senbatsu ada bermacam-macam dari senbatsu single, kalendar, setlist team kenkyuusei/trainee dll, tergantung event yang diadakan. Pada single lagu, istilah "Senbatsu" single yaitu "seleksi" rank dari teratas hingga dasar pada "Track List Single" yg diartikan dari peringkat rank teratas hingga urutan terakhir (80 members) mengikuti members yg tampil pada sebuah lagu track list single dari single terebut. Urutan teratas sesuai dengan jumlah members yang tampil pada lagu utama single tersebut yang dinamakan team senbatsu. Biasanya mereka dipilih berdasarkan popularitas dikalangan fans, tingkat kemapuan yang baik dll. Keuntungan dari member team Senbatsu adalah mereka sering digunakan untuk tampil di PV utama, media ( Majalah, TV Show, Event dll ) dan tentu saja kepopularitasan mereka akan meningkat karena seiring mengikuti event khusus team senbatsu.

Senbatsu Sousenkyo: Senbatsu ini dengan format dipilih oleh fans, dan nantinya akan menjadi member peringkat teratas dari semua member yang ada di tiap grub idol. Senbatsu sousenkyo tidak hanya pada single lagu saja, tetapi memuat di berbagai kategori pemilihan fans seperti contoh senbatsu kalender. Sejak tahun 2009, AKB48 rutin menggelar Senbatsu Sousenkyo ( Pemilu Senbatsu ) setahun sekali yang bertujuan memberi kesempatan bagi para fans untuk menentukan sendiri member Senbatsu mereka. Caranya adalah fans melakukan member vote untuk member favorit mereka, dengan mengumpulkan tiket vote yang mereka dapat di single tertentu ( biasanya satu single sebelum Single Sousenkyo ). Tentu saja pembelian multikopi adalah sah, dan satu tiket vote dihitung satu suara.

Janken Taikai Senbatsu: Salah satu ide unik yang diciptakan Yasushi Akimoto untuk menentukan members senbatsu AKB48. Caranya dengan melakukan Janken ( Suit Jepang ). Event khusus akan diadakan untuk hal ini, berupa sistem turnamen, satu persatu member yang kalah akan gugur hingga didapat pemenang utama yang nantinya akan mendapat posisi terdepan. Cara ini mengadu nasib dengan memainkan keberuntungan mereka.

Undergirls: Istilah ini dipakai untuk member yang posisi popularitasnya dibawah Senbatsu. Biasanya members yang masuk pada posisi ini yang mempunyai popularitas rank nomor 16 kebawah setelah senbatsu. Urutan jumlah members tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah members Senbatsu yang ditentukan untuk sebuah single.

Next Girls: Istilah ini dipakai untuk member yang posisi popularitasnya dibawah Undergirls. Biasanya members yang masuk pada posisi ini yang mempunyai popularitas rank nomor 32 kebawah setelah Undergirls. Urutan jumlah member tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah members Senbatsu yang ditentukan untuk sebuah single.

Future Girls: Istilah ini dipakai untuk member yang posisi popularitasnya dibawah Next Girls. Biasanya members yang masuk pada posisi ini yang mempunyai popularitas rank nomor 48 kebawah setelah Next Girl. Urutan jumlah members tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah members Senbatsu yang ditentukan untuk sebuah single.

Upcoming Girls: Istilah ini dipakai untuk member yang posisi popularitasnya dibawah Future Girls. Biasanya members yang masuk pada posisi ini yang mempunyai popularitas rank nomor 65 kebawah hingga rank 80 setelah Future Girls, selebihnya dianggap NOT RANKED. Urutan ini tentunya bisa berubah tergantung dari berapa banyak jumlah members Senbatsu yang ditentukan untuk sebuah single.

Special Girls: Special Girls adalah sebuah unit dari single AKB48. Unit pertama muncul pada pada single GIVE ME FIVE!, dan hadir di semua single sejak itu. Dikenal juga sebagai versi seperti Undergirls/UG.

Member Favorite: Dimana kondisi kita mempunyai oshi atau pun kami oshi, dan kita menyukai member lain nya karena kecantikan, keimutan, kepintaran, tingkah laku atau yang lain nya dalam hal lain kita anggap nilai plus dari member itu sendiri, serta yang kita anggap mempunyai daya tarik tersendiri tanpa support yang kita berikan. Sebagai contoh, dalam sebuah US dari setlist kita menyukai salah satu member nya karena sesuatu yang sudah disebutkan tadi, berarti kita memfavorit kan member tersebut tidak lebih dari dukungan.

Member generation: Sekelompok generasi baru yang dinyatakan lolos dalam waktu audisi. Nantinya mereka akan membentuk team baru dan akan menjadi member tetap.

Kenkyuusei: Kenkyuusei / Research Student / Trainee  atau disebut juga Tim Cadangan. Peran mereka biasanya untuk menggantikan spot member tetap yang tidak bisa hadir pada hari pertunjukan Theater. Biasanya ada semacam kecenderungan unik dari para fans untuk Oshihen pada mereka. Bisa jadi karena mereka melihat member yang populer sudah tidak perlu lagi didukung atau sudah bosan, atau karena melihat para Kenkyuusei inilah yang justru paling aktif berada di Theater, dibanding senior mereka yang sering berhalangan karena urusan luar. Kenkyuusei ini pada masa nya akan naik ke tingkat tim pada saat muncul nya generasi baru. Contohnya: Pada idol grub sekarang berada pada gen 2 (tidak masuk team inti), dan jika ada penambahan generasi gen 3 mereka akan masuk ke dalam team seangkatan nya, atau bisa juga masuk ke team yang lebih tua karena slot kosong yang memungkinkan untuk ditempati, dikarenakan banyak nya member pada team itu sudah lulus/graduated bahkan resign dengan alasan apapun.  Maka ditambahnya kuota member pada team itu sebagai pelengkap sebuah team.

Zenza Girls: Gadis pembuka pertunjukan

Member Kennin: Member Kennin fungsinya yaitu untuk menambah member dalam team yang kekurangan member pada waktu tertentu.

Oshi / Oshiteru: Dukungan/support, sebenarnya oshi ini singkatan dari oshimen.

Oshimen:  Oshimen terdiri dari dua kata, yaitu "Oshi" dan "Men". Oshi yang berarti "Push / Support ( Dukungan )" dan Men yaitu dari kata Menba ( Member ), Jadi pengertian Oshimen adalah Member yang didukung atau bisa juga dibilang, Member yang diidolakan.

Kami Oshi: Terdiri dari kata Kami: “Dewa” , Oshi=” Dukung” jadi Kami Oshi adalah oshimen yang paling kita dewakan dari seluruh oshimen yang ada. Dalam banyak kasus, seorang fan bisa mempunyai banyak oshi, tapi pasti ada satu diantara member tersebut yang paling disukai atau tidak tergantikan posisi nya, itulah yang disebut dengan istilah Kami Oshi. Biasanya Kami Oshi ini dijadikan seperti dewa oleh FJKT48/Wota dan juga yang paling banyak pengeluaran nya untuk membeli swags dari Kami Oshi ini.

DD: Singkatan dari 'Daredemo Daisuki' (Suka dengan member-member 48 group secara keseluruhan contoh: suka seluruh member JKT48). Diterapkan untuk semua member dengan lebih dari satu Oshimen di Grup yang sama.

MD: Singkatan dari 'Minna no Daisuki' (Suka dengan semua member/punya lebih dari satu oshimen). Sama dengan Daredemo Daisuki, tapi dengan seorang Kami Oshi.

Oshihen: Yaitu kondisi dimana fans mengganti Oshi dari satu member ke member yang lainnya. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi mantan Oshimen fan tersebut, dan bisa juga membuat mantan Oshimen fan tersebut akan merasa terpukul dan kecewa jika mengetahui fan tersebut Oshihen.

SWAG : Singkatan dari "Stuff We All Get". Barang2 atau merchandise resmi yang dikumpulkan/dikoleksi oleh FJKT48/Wota pada umumnya. Contoh: Cd, Dvd, PP/Trading card, Foto, Poster, dll.

Wota: JKT48 tumbuh dan berkembang bersama Fans dan perlu diketahui bahwa istilah Wota tidak dieksklusifkan untuk AKB48 dan sister grupnya, tapi kebanyakan fans Idol Grup juga mendapat sebutan yang sama ( Momusu - Mowota, Johnny's Ent. - Janiwota ). Jadi kesimpulannya Wota itu adalah sebutan untuk penggemar idol grub di Jepang. Selain itu, Wota juga sebutan dari fans AKB48, sementara sebutan untuk JKT48 sendiri itu sebenar nya tetap fans JKT48. Karena JKT48 itu tumbuh dan berkembang bersama Fans, bukan Wota :). Banyak juga yang menyimpulkan tidak dieksklusifkan untuk AKB48 karena istilah ini sebenarnya sama dengan "Otaku" yaitu penggemar berat subkultur Jepang seperti Manga, Anime, Film, Game, dsb. Otaku lebih dari sekedar fans. Mereka adalah orang yang sangat berdedikasi terhadap hobinya. Tidak akan ragu mengorbankan dirinya ( image, uang, waktu, dsb ) untuk hobi tersebut, sampai taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai Freak / Geek / Nerd. kesimpulannya, Otaku untuk Idol Grup mempunyai panggilan / sebutan yang berbeda dengan otaku Anime, yaitu Wota.

Redwots: Istilah ini muncul di awal tahun 2012 pada bulan Februari. Fans JKT48 yang sudah ditetapkan sebagai nama fans dari JKT48 tetapi masih banyak yang menyebutnya Wota terutama fans yang baru mengenal JKT48, sehingga sebutan redwots muncul untuk Fans JKT48 tetapi tidak secara resmi dikarenakan hanya buatan fans saja dari penyebutan kata Wota yang sering diucapkan dan dominan warna dari JKT48 itu sendiri juga baju yang sering dikenakan Fans JKT48. Hingga sekarang para member JKT48 juga sudah menjelaskan beberapa kali di media on air maupun off air bahwa nama Fans JKT48 itu sendiri adalah Fans JKT48 bukan Wota atau semacamnya.

Wota Zombie: Istilah Wota sering marak menjadi kebiasaan untuk sebutan FJKT48. Memang sebutan itu lebih enak kalau dipanggil, rada aneh kalau dibilang FJKT48 Zombie, dan sekarang muncul istilah Wota Zombie. Apa itu wota Zombie? Yaitu Wota yang berniat untuk memacari member, segala aktifitas member dia ketahui mulai dari privasi dll dia akan mengejarnya untuk satu tujuan mendapatkan member tersebut nantinya. Biasanya wota seperti ini sering berdelusi dan tidak pantas ditiru karena merusak citra peridolan..! apakah anda termaksuk?

Skyman: Skyman itu adalah fans yang sudah dikenal oleh member atau dekat dengan member. Bahkan privasi member, mereka pun tahu...

Wotagei : Gerakan khas fans Idol Grup saat menonton pertunjukan idolanya. Dapat juga berupa tarian khusus disertai sorakan penyemangat mengikuti irama musik.

Salkus: Salkus singkatan dari Salah fokus yang sering beredarnya foto-foto members yang tidak pantas dilihat dan sengaja untuk menjadi bahan lelucon atau memang dia sengaja (ntahlah) yang pada umumnya kebudayaan Jepang cenderung seifuku JKT48 memakai rok mini sebagai tuntutan pekerjaan yang dilandasi sebagai impian para member untuk berkarya. Mungkin hanya fans tingkat delusi tinggi yang sering melakukan nya? Atau salah satu dari kalian? :V

Salkuser Graph: Sebutan ini baru mimin keluarkan untuk #tuangkandisini setelah banyak marak nya foto members beredar yang tidak pantas untuk dilihat. Dalam hal ini FJKT48 atau memang bukan FJKT48 sengaja mencari waktu yang pas untuk memfoto member tersebut pada bagian yang tidak pantas untuk dilihat (Bisa ditelaah sendiri kata-katanya). Mungkin untuk peridolan sister grub selain JKT48 tak berlaku untuk sebutan ini, dan ini sangat berlaku untuk idol grub JKT48.

Gesuraku: Gesuraku sering disebut oleh fans lainnya terhadap sesama fans jika diwaro member atau mendapat gimmick lebih dari member. Gesuraku berarti Gesrek, sifatnya berubah 360 derajat dari sifat aslinya. Biasanya member JKT48 dari team J yang sering Gesuraku terhadap sesama member lainnya dalam hal bersosialisasi atau berteman yang menjadi ciri khas dari team tersebut (Tidak semua membernya gesrek)

Chant: Salah satu unsur dari Wotagei adalah Chant. Ini adalah bentuk sorakan fans yang dilakukan para fans idol grup pada bagian-bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. Chant bukan hanya milik fans 48 Family saja, tapi sudah lama mengakar di kalangan fans idol grup sejak pertengahan tahun 90'an, termasuk di konser Z-1 dan kemudian Hello! Project. Kata-kata Chant yang disorakan seragam dan ada standarnya. Chant disorakan sewaktu Overture, Intro ( awal lagu ), dan sewaktu tempo lagu melambat. Chant berakhir sebelum idola mulai bernyanyi. Chant tidak dilakukan untuk lagu bertempo pelan, sedih, atau balada. Pada lagu yang dimulai secara tiba-tiba seperti "Heavy Rotation", Chant ditunda hingga Interlude ( bagian instrumental ). Ada beberapa variasi Chant yang dikenal kalangan Fans. Berikut ini adalah Chant Standar untuk Fans AKB48 dan Sister Grupnya :"Aaaa... Yossa Ikuzo !!. Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya !!" atau dalam pengucapan Jepangnya ( Taiga, Faiya, Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jya Jya !! )."Yossha Ikuzo !!" yang artinya "Ayo Mulai !!", yaitu adalah komando untuk memulai sorakan, diikuti pelafalan bahasa jepang untuk kata-kata bahasa inggris, Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, dan Viber. Alasan kata-kata tersebut dipilih juga tidak diketahui pasti. Ada berbagai penjelasan tentang asal usul Chant, namun semuanya simpang siur bagaikan legenda urban. Chant seperti hal nya Wotagei diperkirakan berawal dari reaksi spontan atau partisipasi penonton di konser idola Jepang. Jika ingin mempelajari cara chant lebih dalam berikut Cara Chant Mix

Chant Mix: Chant mix adalah gabungan dari berbagai chant. Chant Mix ini dilakukan apabila terdapat isntrument yang panjang. Ada pula variasi dari Chant yang menggunakan kata-kata asli bahasa jepang ( Japanese Mix ) dan Chant Mix dari bahasa Ainu ( Ainu Mix ), atau campuran dari Standar, Jepang, dan Ainu. Kata-kata bahasa jepang atau bahasa Ainu yang dipakai merupakan terjemahan dari Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, dan Viber.Bahasa Jepang yaitu :"Aaa... Mou Iccho Ikuzo !!, Tora, Hi, Jinzou, Seni, Ama, Shindou, Kasen, Tobi, Jyokyo !!"Sedangkan Bahasa Ainu yaitu :"Aaa... Mou Iccho Ikuzo !!, Chape, Ape, Kara, Kina, Rara, Tosuke, Myoohontosuke !!" Jika ingin mempelajari cara chant mix lebih dalam berikut Cara Chant Mix

Demikian Istilah Lain Dalam 48 Family, jika ada yang kurang atau salah kata mohon dikoreksi #CMIIW,  karena manusia tidak luput dari kesalahan hhe xD. Semoga bermanfaat :)

#KeepNgidol  #SukaSukaGue #tuangkandisini #KangenBnT

0 komentar:

Post a Comment